Pada tanggal 30 Juli 2024 lalu telah dilaksanakan sosialisasi cara bijak menggunakan gadget atau gawai untuk siswa kelas 6 SDN 1 Plumbungan. Apasih sebenarnya gadget atau gawai itu? Definisi gadget atau gawai menurut KBBI, merupakan alat elektronik yang membuat hidup manusia menjadi praktis. Contoh gawai:
- HP,
- Laptop,
- Kamera,
- TV,
- Gim konsol.
Melalui adanya gadget, kita mendapat manfaat berupa pengetahuan menjadi lebih terjangkau, komunikasi lebih mudah, opsi media hiburan, dan juga terbantu dalam berbelanja. Tapi jika berlebihan dalam menggunakannya, akan menghadapi beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari gadget, yaitu:
- Kecanduan, yang kemudian membuat malas belajar,
- Sulit tidur,
- Mudah marah,
- Tidak dapat bersosialisasi,
- Mudah sakit terutama terganggunya kemampuan penglihatan, dan sulitnya berkonsentrasi
Untuk mengatasi hal itu, dengan kata lain mendapatkan manfaat tapi terhindar dari bahayanya bisa melakukan beberapa saran berikut:
- Melakukan aktivitas lain yang menyenangkan, khususnya yang melibatkan fisik,
- Mematikan gawai ketika melakukan hal lain,
- Menjaga jarak aman mata dari layar kira-kira 30 sentimeter,
- Membatasi sendiri waktu penggunaan gawainya, bisa dengan jadwal atau penentuan spontan waktunya,
- Memperbanyak waktu berkumpul dan mengobrol dengan keluarga.
Diharapkan setelah adanya sosialisasi cara bijak menggunakan gawai, anak-anak, terutama siswa kelas 6 SDN 1 Plumbungan dapat lebih bijak dalam menggunakan gawai.